Penjelasan Tentang Sandi Morse

Assalamualiakum Wr.Wb.
SALAM PRAMUKA !!
kali ini Kami akan memposting Penjelasan Sandi Morse. Sandi Morse adalah sandi yang sering digunakan untuk membuat soal pada saat perlombaan seperti LT (Lomba Tingkat) dan digunakan oleh para kakak pembina untuk pemberian materi saat latihan rutin di Gugus Depan.
Sandi Morse adalah sistem representasi huruf, angka, tanda baca dan sinyal dengan menggunakan kode titik dan garis yang disusun mewakili karakter tertentu pada alfabet atau sinyal (pertanda) tertentu yang disepakati penggunaannya di seluruh dunia.
Sandi morse pertama kali digunakan secara luas setelah teknologi radio dan telegrafi berkembang pesat di akhir abad ke-19. Pada masa awal perkembangannya hingga pertengahan abad ke-20, kode morse yang dikirim melalui telegraf adalah media komunikasi yang jangkauannya terluas dan tercepat, dan menjadi sarana utama pengiriman berita di kantor-kantor pos di seluruh dunia hingga saat telepon menjadi populer di masyarakat. Selain itu, fungsi sandi morse sebagai pengirim pesan secara cepat dan singkat cocok digunakan dalam kegiatan angkatan bersenjata di seluruh dunia. Darat, laut maupun udara.

Sandi Morse dapat dilakukan dengan berbagai cara , Seperti :
1. Suara/Bunyi, dengan menggunakan peluit, terompet dsb
2. Sinar/Nyala, dengan menggunakan senter, lampu, api dsb
3. Gerak, dengan menggunakan bendera, asap, lambaian tangan dsb
4. Tulisan, dengan menggunakan sandi, kode dsb
5. Denyut Listrik, dengan menggunakan kabel telegraph


Sandi Morse
Sandi Morse


Untuk yang ingin menterjemahkan / membentuk sandi Morse , silahkan kunjungi :
 - Penerjemah Sandi Morse
 - Pembentuk Sandi Morse

Sekian artikel kali ini..
Wassalamulaikum Wr.Wb.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »