Anggota Pramuka Kontingen Indonesia Berangkat Ke Jepang Untuk Jambore Internasional ke-23


Assalamualaikum Wr.Wb.  
Salam Pramuka !!
Apa kabar Kakak-kakak dan Adik-adik semua ? semoga baik yah ..
Tau tidak apa itu  Jambore ? pasti tau ya..  kalau belum tau apa itu Jambore , ayo disimak Pengertian Jambore di bawah..


Menurut Kamus Oxford Kanada, etimologi dari Jambore adalah pada abad ke-19 yang tidak diketahui asalnya. Penyair Robert W. Service menggunakan istilah ini jauh sebelum Jambore Dunia pertama terselenggara. Dalam lagu yang berjudul Athabaska Dick yang dipopulerkan oleh Rolling Stone, yang dipublikasikan pada tahun 1912. Pada saat itu, kata Jambore berarti adalah sebuah pertemuan besar yang gaduh (riuh).

Baden-Powell pernah ditanya mengapa ia memilih kata Jamboree. Dan dia jawab, Apa lagi yang akan Anda sebut?. Meskipun demikian, hal dasar yang diyakini di dalam Kepanduan bahwa kata itu diciptakan oleh Baden-Powell. Dikatakan bahwa kata itu memiliki beberapa kemungkinan asal-usul, mulai dari Hindi ke Swahili untuk dialek asli Amerika. Hal ini juga dikatakan bahwa kata Jambore berkaitan dengan kata Corroboree, istilah dari suku Aborigin Australia untuk setiap hal yang dianggap perkumpulan yang berisik yang dilakukan pada malam hari atau gangguan. Dari sumber lain dikatakan pula bahwa kata Jambore berasal dari Swahili untuk kata hello, jambo, sebagai akibat dari banyak waktu yang ia habiskan disana.

Pada Jambore Dunia pertama di Olympia pada tahun 1920, Baden-Powell mengatakan Orang-orang memberikan arti yang berbeda untuk kata tersebut, tapi dari tahun ini, Jambore akan dimaknai dengan spesifik. Ini akan dihubungkan dengan pertemuan pemuda terbesar yang pernah ada.
Sedangkan, Olave Baden-Powell, menciptakan istilah jamborese, yakni istilah yang merujuk dari bahasa Perancis yang digunakan para Pandu dari berbagai bahasa dan kebiasaan budaya yang berkembang ketika berbagai anggota Pandu tersebut bertemu, yang memupuk persahabatan dan pengertian antara Pandu di dunia. Kadang-kadang kata jamborette digunakan untuk menunjukkan pertemuan yang lebih kecil, baik lokal maupun internasional.
Sedang di Indonesia sendiri, lebih sering menggunakan istilah Jambore.


Bisa dikatakan Jambore adalah Pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka dari tingkat yang paling Ranting sampai tingkat Nasional. Bahkan diduniapun diselenggarakan kegiatan serupa yang biasa disebut Jambore Dunia (World Scout Jamboree). Jambore di dunia berkembang ketika diselenggarakan pada tahun 1920 di Inggris. Mulai dari itu sampai sekarang telah terselenggara 22 kali Jambore Dunia. Tahun 2015 ini juga diselenggarakan Jambore Tingkat Internasional ke-23. Kegiatan yang merupakan salah satu agenda dari World Scout Of Organization Movement (WOSM) atau organisasi pandu sedunia itu, digelar pada 28 Juli hingga 8 Agustus 2015 di Jepang.


Jambore 2015


Dalam Jambore ini , Kontingen Indonesia mengirim Anggota Pramuka untuk mengikuti Jambore Internasional ini. Usianya memang belasan tahun , sekitar 14 hingga 17 tahun. Tapi bakatnya bisa diacungi jempol. Peserta dari masing-masing Kwarda di Indonesia akan bergabung untuk mengikuti Jambore ini. Sehingga secara Nasional , Anggota yang ikut sekitar 400 Orang yang akan dikirim ke Jepang.  Sekarang setiap Kwarda sudah melakukan Pelepasan Anggota yang dikirim ke Jepang.
Semoga saja Kontingen Indonesia bisa mengharumkan nama bangsa. Dan tetap menjunjung tinggi rasa Persaudaraan. Karena , acara ini adalah Perkemahan Persaudaraan.
Dan bisa memotivasi semua Remaja di Indonesia untuk tetap meraih prestasi , mengharumkan nama Indonesia dikanca Internasional di berbagai bidang dan tetap berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberi kemudahan untuk mencapai apa yang diinginkan.

Sekian.
Wassalamualaikum Wr.Wb

Source : Wikipedia ( Jambore Pramuka )

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments