Ratusan Penggalang Pramuka Mengikuti Lomba Tingkat V 2017

Ratusan Penggalang Pramuka Mengikuti Lomba Tingkat V 2017

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menggelar Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Lima (LT-V) di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta pada 22-28 Oktober 2017. Lomba ini begitu dinanti-nanti Pramuka Penggalang se-Indonesia. Pasalnya, lomba ini merupakan ajang pembuktian siapa regu Penggalang terbaik se-Indonesia. Jauh-jauh hari mereka sudah bersiap mengikuti ajang bergengsi.

 
Ternyata, LT-V 2017 merupakan LT-V edisi kesepuluh. Lalu, kapan LT-V kesembilan, kedelapan, dan seterusnya dilaksanakan? Berikut datanya:

1. LT-V Pertama dilaksanakan di Cijantung Jakarta pada 1-4 Agustus 1966
2. LT-V Kedua dilaksanakan di Cibubur Jakarta pada 7-14 Agustus 1982
3. LT-V Ketiga dilaksanakan di Cibubur Jakarta pada 9-14 Agustus 1987
4. LT-V Keempat dilaksanakan di Cibubur Jakarta pada 12-20 Desember 1990
5. LT-V Kelima dilaksanakan di Cibubur Jakarta pada 12-17 Desember 1994
6. LT-V Keenam dilaksanakan di Cibubur Jakarta pada 5-9 Juli 1998
7. LT-V Ketujuh dilaksanakan di Cibubur Jakarta pada 5-11 Juli 2002
8. LT-V Kedelalan dilaksanakan di Cibubur Jakarta pada 24-30 Juli 2007
9. LT-V Kesembilan dilaksanakan di Cibubur Jakarta pada 7-13 Juli 2012
10. LT-V Kesepuluh akan dilaksanakan di Cibubur Jakarta pada 22-28 Oktober 2017.
Ratusan Penggalang Pramuka Mengikuti Lomba Tingkat V 2017
LT-V 2017 diikuti regu Pramuka Penggalang terbaik dari setiap Kwarda Gerakan Pramuka seluruh Indonesia. Mereka adalah para pemenang atau regu berprestasi tinggi dari LT-IV yang diadakan masing-masing Kwarda. Setiap Kwarda mengirimkan regu Putra dan Putri dengan delapan anggota masing-masing regu.



Redaktur Pelaksana Okezone.com, Amril Amarullah mengapresiasi dan memuji perkembangan Gerakan Pramuka yang semakin pesat. Ia juga memuji materi pada Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Lima (LT-V) Tahun 2017 yang mengikuti perkembangan zaman yang serba teknologi.

“Ini perkembangan pesat dari Pramuka. Saya tidak menyangka Pramuka punya aktivitas sehebat ini. Makanya, sayang kalau kegiatan-kegiatannya tidak diberitakan, termasuk Lomba Tingkat Lima Pramuka ini,” ujar Kak Amril Amarullah saat menerima kunjungan Kwarnas Gerakan Pramuka di Kantor Okezone.com, Jumat (20/10).

Ia meneruskan, ada beberapa lomba yang menarik untuk diberitakan. Sebab, kata dia, lomba-lomba tersebut mengikuti perkembangan zaman. Di antaranya Lomba Pemanfaatan Media Sosial, Merakit Robot, dan Reportase. “Semoga sukses acaranya, lancar acaranya,” harap pria kelahiran Jakarta ini.

Andalan Nasional Gerakan Pramuka Urusan Binamuda, Kak Nurdin Hasan menandaskan, meski bersaing untuk memperebutkan gelar Berprestasi Tinggi (juara), para peserta tetap mengedepankan persaudaraan. Bahkan, kata dia, seperti di LT-V sebelumnya tahun 2012, para peserta juga membantu pesaingnya yang sangat membutuhkan bantuan.

“Lomba Tingkat sebenarnya bukan kompetisi, yang lebih kita ke depankan adalah persaudaraan, Indonesia, kebinekaan. Makanya, di perkemahannya tidak satu daerah, tapi digabung dengan peserta dari daerah-daerah lainnya,” terang Panitia Bidang Kegiatan LT-V 2017 ini.

“Melalui LT-V ini, mereka dilatih sejak dini, mereka dilatih kemandirian, dan diharapkan dapat menjadi teladan bagi generasi yang lain dan masa mendatang. Semangat persaudaraan, mandiri dan prestasi ini ingin kita sampaikan kepada masyarakat luas,” pungkasnya

Andalan Nasional Gerakan Pramuka Urusan Kominfo Kak Hariqo Wibawa Satria mengungkapkan, peserta LT-V Gerakan Pramuka telah melalui seleksi panjang. Mereka adalah juara di Lomba Tingkat sebelumnya, yaitu LT-I (tingkat Gudep), LT-II (tingkat kecamatan), LT-III (tingkat kabupaten/kota) dan LT-IV (tingkat provinsi).

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »